Minggu, 07 Agustus 2011

BILANGAN KUANTUM

     Bilangan kuantum adalah bilangan yang menunjukkan keberadaan elektron dalam atom. Setiap elektron dalam atom dapat ditentukan keberadaannya dengan memperhatikan bilangan kuantumnya.
      Bilangan kuantum suatu elektron terbagi menjadi empat jenis, yaitu;
(1) Bilangan Kuantum Utama
(2) Bilangan Kuantum Azimut
(3) Bilangan Kuantum Magnetik
(4) Bilangan Kuantum Spin

BILANGAN KUANTUM UTAMA
     Bilangan kuantum utama adalah bilangan yang menunjukkan di suatu kulit mana elektron berada. Bilangan ini dinyatakan dengan "n".
Untuk n = 1, menunjukkan bahwa elektron berada di kulit K. Selajutnya, untuk n = 2, 3, 4, 5, 6, dan 7, masing-masing menunjukkan bahwa elektron berada di kulit L, M, N, O, P, dan Q.

BILANGAN KUANTUM AZIMUT
     Bilangan kuantum azimut adalah bilangan yang menunjukkan di suatu subkulit apa elektron berada. Bilangan ini dinyatakan dengan "".
Untuk ℓ = 0, menunjukkan bahwa elektron berada di subkulit s. Selanjutnya, untuk ℓ = 1, 2, dan 3, masing-masing menunjukkan bahwa elektron berada di subkulit p, d, dan f.

BILANGAN KUANTUM MAGNETIK
    Bilangan kuantum magnetik adalah bilangan yang menunjukkan di suatu orbital subkulit apa elektron berada. Bilangan ini dinyatakan dengan "m". Nilai m bergantung dari nilai ℓ. Apabila harga bilangan azimut suatu subkulit adalah ℓ, maka jenis orbitalnya mempunyai harga bilangan magnetik m = ± ℓ.
Untuk ℓ = 0, maka orbital subkulit s mempunyai harga m = 0. 
Untuk ℓ =1, maka masing-masing orbital subkulit p mempunyai harga m = ± 1 = -1, 0, +1.
Untuk ℓ =2, maka masing-masing orbital subkulit d mempunyai harga m = ± 2 = -2, -1, 0, +1, +2.
Untuk ℓ =3, maka masing-masing orbital subkulit f mempunyai harga m = ± 3 = -3, -2, -1, 0, +1, +2, +3.
      Jadi, untuk m = 0, menunjukkan bahwa elektron mungkin berada pada orbital subkulit s, p, d, atau subkulit f. Selanjutnya, untuk m = -1 atau m = +1, menunjukkan bahwa elektron tidak mungkin berada pada orbital subkulit s, melainkan hanya berada pada orbital subkulit p, d, atau subkulit f; untuk m = -2 atau m = +2, menunjukkan bahwa elektron tidak mungkin berada pada orbital subkulit s dan subkulit p, melainkan hanya berada pada orbital subkulit d, atau subkulit f; untuk m = -3 atau m = +3, menunjukkan bahwa elektron hanya berada pada orbital subkulit f, dan tidak mungkin berada pada orbital subkulit s, p, atau subkulit d.

BILANGAN KUANTUM SPIN
     Bilangan kuantum spin adalah bilangan yang menunjukkan dalam suatu orbital subkulit atom, elektron memiliki jenis arah putaran apa terhadap porosnya. Bilangan ini dinyatakan dengan "s". Elektron berputar pada porosnya memiliki dua arah, yaitu searah dengan jarum jam dan berlawanan arah jarum jam.
Untuk s = + ½, menunjukkan bahwa dalam orbital subkulit atom, elektron memiliki arah yang searah dengan jarum jam.
Untuk s = - ½, menunjukkan bahwa dalam orbital subkulit atom, elektron memiliki arah yang berlawanan dengan jarum jam.